Selasa, 11 April 2017

Tips Aman dan Menyenangkan Sebelum Mudik

Lebaran sebentar lagi, tentunya bagi Anda yg merantau akan sayang jika di lewatkan begitu saja. Terlebih jika sudah 1 tahun ini sudah tidak menghirup udara segar di kampung halaman tercinta, menemui sanak keluarga di kampung, dan berkumpul bersama teman-teman yang sudah lama tidak berjumpa. Hmm,, pastinya rasa rindu di dada semakin membeludak.


Berikut ini ada beberapa tips aman dan menyenangkan yang harus dilakukan sebelum mudik :
  1. Jika Anda mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Alangkah baiknya Anda menservicenya terlebih dahulu kendaraan pribadi Anda, untuk menghindari mesin kendaraan yang bermasalah selama di jalan.
  2. Jika Anda mudik dengan menggunakan kendaraaan umum (misal bis, trevel atau kereta api). Pastikan tiket dan jadwal pemberangkatannya sudah Anda pesan dari jauh-jauh hari, supaya Anda tidak ketinggalan dan kehabisan tiket nantinya.
  3. Cek barang apa saja yang hendak di bawa (misalkan powerbank dan charger, pakaian, alat mandi, dan make up bagi Anda yang perempuan). Untuk pakaian, pastikan tidak perlu membawa terlalu banyak, jika hanya mudik selama beberapa hari saja, rapikan pakaian dalam tas/koper dengan cara melipatnya, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kapasitas tas / koper Anda. 
  4. Pisahkan barang berharga Anda (seperti dompet dan handphone), usahakan di tempat yang terjangkau dengan tangan, jangan sampai Anda lupa menaruhnya apalagi hilang. Berikut juga barang yang hendak di pakai selama perjalanan (misalnya masker, buku bacaan atau headset), supaya Anda tidak perlu membongkar tas/koper lagi jika tiba-tiba Anda membutuhkannya.
  5. Bawa obat-obatan pribadi yang sangat di perlukan selama di perjalanan.
  6. Siapkan air minum dan cemilan. Sering kali di jalan, perut kita tidak bisa terkontrol. Ada baiknya kita bawa bekal sendiri, hal ini untuk meminimalisirkan budget mudik Anda supaya tidak terlalu boros dalam mengatur pengeluaran saat mudik.
  7. Pastikan kondisi Anda dalam keadaan fit juga pakaian yang Anda pakai harus nyaman dan bisa melindungi selama perjalanan. Usahakan jangan memakai pakaian yang bisa mengundang kejahatan. 
  8. Dan yang terakhir, jangan lupa siapkan oleh-oleh untuk keluarga. Anda pasti akan senang ketika melihat keluarga menyambut kedatangan Anda, apalagi jika Anda membawa oleh-oleh sebagai cindera mata. Begitu pun sebaliknya, sepulang mudik nanti Anda membawa oleh-oleh dari kampung untuk teman-teman di kantor.
Cukup sekian tips mudik dari saya, selamat menikmati perjalanan mudik dan semoga bermanfaat ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar