Senin, 05 Juni 2017

Apakah benar, tidurnya orang berpuasa adalah ibadah?

Image result for animasi tidur saat puasa
 (www.google.com)

Tidur, siapa sih yang tidak pernah tidur siang, apalagi di bulan yang penuh berkah ini. Sebagian besar orang memanfaatan jam istirahatnya untuk tidur siang.

Alhamdulillah, kita sudah memasuki hari ke 11. Dan biasanya saat menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan ini, pasti rasa ngantuk datang secara berlebihan. Hal ini dikarenakan jam tidur kita berkurang karena adanya aktivitas makan sahur setiap malam menjelang pagi. Makanya kita lebih mudah mengantuk dan menguap. 

Ada beberapa da'i yang menyampaikan bahwa tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Sehingga orang-orang akhirnya menjadi bermalas-malasan dan lebih senang tidur dari pada melakukan amalan lainnya. Padahal jika tidur ini di lakukan secara berlebihan, bukan lagi ibadah melainkan akan menyebabkan tubuh kita menjadi lemas dan malas untuk melakukan berbagai macam aktivitas. 

Untuk itu tidur yang bernilai ibadah ini sebenarnya jika tidur yang kita lakukan ini diniatkan dalam hati untuk melakukan ibadah (contoh, seperti di niatkan untuk melakukan shalat malam atau melakukan amalan lainnya). Berbeda halnya jika tidurnya hanya untuk bermalas-malasan seharian dari pagi hingga sore sampai waktunya berbuka puasa, maka tidur yang seperti inilah yang dikatakan tidur yang sia-sia. Pada intinya tidur itu tergantung niat, mau di niatkan ibadah atau malas-malasan.
Jika niat tidurnya hanya malas-malasan sehingga tidurnya bisa seharian dari pagi hingga sore, maka tidur seperti ini adalah tidur yang sia-sia. Namun jika tidurnya adalah tidur dengan niat agar kuat dalam melakukan shalat malam dan kuat melakukan amalan lainnya, tidur seperti inilah yang bernilai ibadah.

Sumber : https://rumaysho.com/454-tidurnya-orang-yang-berpuasa-adalah-ibadah.html








 

1 komentar:

  1. El Yucateco - Casino - Mapyro
    El 보령 출장마사지 Yucateco is a mexican habanero 양산 출장샵 hot sauce with a sensational heat. This hot sauce comes with 2 경기도 출장샵 whole habanero peppers, 2 garlic cloves 상주 출장안마 and a 서울특별 출장마사지 medium-hot

    BalasHapus